Perbedaan Google Spreadsheet Dan Microsoft Excel. Lebih Cocok Mana Untuk Bisnis?


Software Microsoft office menjadi perangkat lunak wajib Yg harus dimiliki oleh setiap perusahaan berupa pengelolaan dokumen, angka, slide.

Perlu Kalian ketahui bahwa Microsoft memberikan paket Software Microsoft officemeliputi Word, Excel, Power Point, Email untuk bisnis berbasis Cloud computing Yg dikenal sebagai Microsoft Office 365 for Business. Sedangkan, Google memberikan paket Software Microsoft office meliputi Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Gmail, serta Calendar untuk bisnis berbasis Cloud computing Yg dikenal sebagai G Suite.

Namun, kali ini kami akan mengupas lebih jauh perbandingan fitur-fitur Yg dimiliki oleh kedua software Spreadsheets besutan Microsoft & Google ini.

Microsoft Excel & Google Sheets
 merupakan software pengelolaan data berupa angka Yg populer Pada saat ini. Microsoft excel Adalah aplikasi pengelolaan data berupa angka dari Microsoft. Sedangkan Google Sheets Adalah aplikasi Yg disediakan Google Yg fungsinya sama Dengan Excel ialah sebagai perhitungan data berupa angka, memasukkan data & formula, formatting cells, & membuat chart.

Jika dilihat kegunaan Excel & Sheets tidaklah jauh berbeda. Namun, masing-masing mempunyai fitur Yg diunggulkan. Apakah fitur Excel lebih baik dari Google Sheets ataupun sebaliknya? Software SpreadSheet manakah Yg lebih baik bagi bisnis perusahaan Kalian?

Simak ulasannya sebagai berikut.

Perbandingan Google Spreadsheet Dengan Microsoft Excel :
Perbedaan Google Spreadsheet dan Microsoft Excel


1. Harga

Perusahaan tidak akan dapat bekerja Dengan maksimal & produktif tanpa a&ya teknologi berupa software ataupun aplikasi untuk mendukung operasionalnya. Namun, untuk dapat menggunakan software maka perusahaan harus membelinya. Tentunya harga untuk setiap lisensi software tidaklah murah.

Perusahaan pun tidak akan ingin menanggung resiko terkena sanksi denda mengenai undang undang Hak Cipta karena software tersebut ternyata bajakan.

Aplikasi ataupun software dasar Yg wajib dimiliki perusahaan Adalah office. Baik Microsoft Office 365 (paket Software Microsoft office Microsoft termasuk Ms. Excel) & G Suite  (paket Software Microsoft office Google termasuk Spreadsheets) merupakan Software Microsoft office berbasis Cloud computing. Lalu berapa perbandingan harga dari Microsoft Office 365  & G Suite?

2. Fitur Kolaborasi


Bila pekerjaan Kalian membutuhkan tim untuk berkolaborasi, Excel & Sheets memberikan fitur Yg memudahkan Kalian untuk bekerja secara bersama-sama, tidak secara individual. Bahkan bila tim Kalian se&g tidak se&g bekerja di samping meja Kalian, di gedung ataupun kota Yg berbeda Excel & Google Sheets membantu Kalian  berkolaborasi secara realtime.

Fitur ini memungkinkan Kalian untuk bekerja Pada suatu dokumen secara bersamaan , berbagi satu file Yg sama, editing dokumen, melihat apa Yg orang lain kerjakan, serta mengobrol Dengan mereka secara live.

Sedangkan, bekerja secara nonkekinian , mengharuskan Kalian saling mengirimkan email Yg berbeda ataupun menyimpan file Pada flashdisk kemudian copy paste Pada komputer rekan kerja Kalian.

Cara berbagi file & kolaborasi di Microsoft Excel

Cukup Dengan klik icon share di pojok kanan atas & ketik ataupun pilih nama dari kontak list email Yg tersedia. Pada Microsoft, email Yg digunakan Adalah outlook. Sehingga bila Kalian ingin melakukan sharing, maka pastikan rekan kerja Kalian menggunakan email outlook. Tentunya email Dengan @outlook ini sangat jarang dipakai oleh perusahaan dibandingkan @gmail. Untuk chatting Pada saat mengedit excel maka Kalian harus menggunakan Skype.

Cara berbagi file & berkolaborasi Dengan Google Sheets

Pilih & klik icon share berwarna biru di pojok kanan atas kemudian ketik alamat email orang Yg ingin kamu bagi. Kamu dapat mengatur apakah orang tersebut dapat edit, komen, ataupun hanya melihat saja. Kalian pun dapat mengajak chatting rekan Kalian di waktu Yg sama saat mengedit Google Sheets.

3. Rumus, Fungsi & Formatting

Spreadsheets merupakan software pintar dimana kami dapat Dengan mudah menjumlahkan angka-angka hanya Dengan memasukkan fungsi Pada kolom & cells. Bagi masyarakat umum pastinya sudah familiar Dengan fungsi Pada SpreadSheets seperti SUM, AVARAGE, HLOOKUP, VLOOKUP & lainnya.

Pada Microsoft Excel fungsi & format tersebut sudah disediakan & super lengkap. Rumus Google sheets tidak terlalu berbeda Dengan Microsoft Excel. Pada Google Sheets Kalian dapat melihat daftar rumusnya Dengan pilih Insert -> Function -> More.

4. Template


Ketika berbicara mengenai template Yg ada, Microsoft Excel lebih unggul karena menyedakan banyak template bisnis. Hanya Dengan memilih template sesuai Dengan project Yg akan Kalian buat & dapat diedit Dengan mudah. Template tersebut dapat Kalian cari online Pada Microsoft Excel & download Dengan mudah. Terdapat banyak template Yg dapat Kalian pilih sesuai Dengan kategori seperti budget, biaya operasional, pendapatan den biaya juga sample data Yg sudah terformulasi.

Google Sheets menyediakan template namun tidak sebanyak template Yg ada di Microsoft Excel. Google Sheets mungkin dapat Kalian pilih bila Kalian tidak membutuhkan banyak variasi template.

 5. FITUR KOMENTAR

Untuk mendapatkan feedback dari sebuah project Yg kami kerjakan di Spreadsheets kami biasanya membagikan file tersebut kePada rekan kerja kami untuk direview, dikoreksi, & diberi tanggapan ataupun masukan. Maka, fitur Komentar sangat diperlukan.

Cara memberikan Komentar Pada Microsoft Excel ialah Dengan memiliih tab Review Pada Ribbon & klik new comment. Maka sebuah text box akan muncul & Kalian ataupun rekan Kalian dapat mengetikkan Komentar Pada cell Yg telah Kalian pilih.

Cara memberikan Komentar Pada Google Sheets ialah Dengan meletakkan kursor kami Pada Cell Yg ingin kami berikan Komentar, lalu tekan Ctrl+Alt+Shift+A ataupun Dengan klik ikon chat di sebelah ikon share di pojok akan atas kemudian klik Comment. Maka akan muncul kotak Dengan nama Kalian, tulis Pada text box tersebut, & klik comment.

Setiap orang Yg dapat mengakses file Spreadsheets Pada Google Sheets dapat memberikan Komentar & membalas Komentar sebelumnya, sehingga seperti sebuah percakapan chatting. Kalian pun dapat memilih tombol “resolve” untuk menandai bahwa mark up Komentar tersebut sudah terselesaikan & menghilangkan Komentar itu. Bila Kalian ingin membuka kembali Komentar tersebut maka Kalian tinggal klik ikon Komentar & pilih “Reopen”.

6. Charts

Excel mempunyai beberapa tipe chart, salah satunya ialah Yg berbentuk kolom, line, pie, bar & area, histogram & lainnya. Cara membuat diagram ataupun grafik di Excel ialah insert, pilih tipe diagram Yg akan kamu buat, lalu masukkan data SpreadSheet. Atau kamu dapat klik kanan Pada diagram & pilih Select Data.

Cara membuat diagram grafik di Google Sheets ialah pilih data Yg akan kamu buat diagramnya, pilih insert chat Yg ada di menu bar. Pilih recommendations, chart types, ataupun customization. Saat kursor berada Pada chart Yg kamu pilih maka akan muncul preview chart data Yg akan kamu buat.

7. Data Yg terintegrasi Dengan Form Survey

Kelebihan Google Sheets Adalah Kalian dapat Dengan mudah membuat survey, customer feedback, aplikasi lamaran kerja ataupun kuesioner Yg terintegrasi Dengan Google Sheets. Data dikumpulkan & langsung tersimpan secara otomatis worksheet di Google Sheets ketika responden mengisinya. Fitur ini tidak dapat Kalian temukan Pada Microsoft Excel.

Untuk memudahkan pembaca untuk memahami perbandingan kelebihan & kekurangan antara Microsoft Excel & Google Sheets, Kita sajikan berupa tabel di bawah ini :

kesimpulan perbandingan microsoft excel & google sheets

Jadi, kesimpulan lebih baik mana Microsoft Excel ataupun Google Sheets untuk bisnis perusahaan, maka jawabannya ialah tergantung kebutuhan perusahaan Kalian. Jika, Kalian mengharapkan membuat Worksheets Dengan lebih mudah menggunakan template, maka Microsoft Excel Adalah solusinya. Rumus fungsi &  formatting Yg ada Pada Microsoft Excel sangatlah lengkap dibandingkan Dengan Google Sheets. Namun, harga Microsoft Office 365 lebih mahal dariPada Google Sheets serta fitur kolaborasi Yg terbatas.

Jika Kalian Adalah perusahaan Yg mempunyai karyawan Yg bekerja tidak Pada satu tempat Yg sama, semisal pekerja remote, membutuhkan rapat online, ataupun bekerja di gedung, kota, negara berbeda, maka Google Suite Adalah pilihan terbaik. Google menawarkan kecanggihan fitur kolaborasi Pada Google Sheets, proses Yg lebih cepat ataupun tidak lemot, revision history, real time chat, serta pengumpulan data otomatis Dengan Google Form. Meskipun Google Sheets juga memiliki rumus & fungsi, pembuatan diagram ataupun chart, template, namun tidak selengkap Microsoft Excel.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Dan Perbedaan User Experience (UX) dan User Interface (UI)

Cara Mengganti Template Blog yang Baik dan Benar

Cara Mudah Membuat Halaman Daftar Isi di Blog